Sat. Aug 24th, 2019

Duta Damai NTB

Proudly Presented by BNPT and PMD

Tangkal Hoax Perkuat Literasi Digital

2 min read

Teknologi saat ini mengharuskan kita eksis di dunia Maya ataupun Nyata. Jika tidak mengikuti alur maka 100 persen akan ketinggalan kereta ( ketinggalan informasi atau update berita terkini) Jikalau  sudah ketinggalan sedikit kerepotan untuk mengejar. Orang sudah jauh mengirim Rover ke Mars kita masih berdiam diri di pojokan (masih tetap dalam posisi sama).

Baru-baru ini kita dibuat terkejut dan takjub oleh beberapa hoax yang beredar dan terakhir paling menggemparkan adalah Hoax makan tuan Ratna Sarumpaet. Dia mengaku dianiaya oleh beberapa orang sehingga wajahnya lebam-lebam ternyata usut punya usut itu merupakan hasil operasi plastik. Dianggap sebagai korban penganiayaan kemudian banyak kolega bersimpati dan menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran HAM. Konferensi pers Ratna sontak mengundang keras reaksi publik.

Dari kasus ini kita bisa melihat bahwa hoax  itu merupakan masalah serius dan harus segera diatasi. Mudahnya masyarakat hari ini termakan hoax dikarenakan rendahnya kualitas pengetahuan dan kurangnya kemampuan berpikir kritis akan sesuatu. Ha-hal tersebut kemudian  menjadi faktor utama. Maka dari itu penguatan literasi digital harus segera dilakukan untuk membantu masyarakat menangkal hoax yang mulai  meresahkan. Hoax membawa informasi menyesatkan, tidak jarang ada ujaran kebencian menyertainya yang rentan memicu kita pada  perpecahan. Ini BERBAHAYA!

Rendahnya kualitas  literasi media menjadikan masyarakat Indonesia hari ini lebih banyak mengobrol daripada membaca apalagi menulis sehingga informasi yang diterima tanpa membaca secara utuh langsung main sebar tanpa kritis mempertanyakan validitas  kebenaran tulisan. Menurut data yang disebutkan KOMINFO Indonesia menduduki peringkat kedua terbawah dari 61 negara yang ditelilti terkait dengan literasi masyarakat.

Maka dari itu tugas kita sebagai generasi muda Indonesia terutama Millennials untuk memberikan edukasi dasar kepada keluarga, kolega, tetangga dan komunitas untuk bekerja sama menangkal bahaya hoax. Mari kita  lakukan  penguatan budaya literasi dengan mengajak mereka untuk membaca dan menulis pokok gagasan informasi yang diterima mengarahkan mereka memiliki sumber rujukan bacaan yang jelas dan terpercya. sehingga kita mampu menjadi generasi cerdas dan kritis  mampu berjalan bersama memerangi hoax sampai ke akar-akarnya.

Through Digital Literacy we use technology to do something worthwhile for our culture and our society and I am sure we can do it.



Please follow and like us:

1 thought on “Tangkal Hoax Perkuat Literasi Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Duta Damai Dunia Maya NTB | Supported by PMD & BNPT.