Tue. Nov 19th, 2019

Duta Damai NTB

Proudly Presented by BNPT and PMD

Menyampaikan Pesan Damai Kepada Anak-anak Melalui Dongeng

3 min read

“Dongeng adalah medium terindah dalam tradisi lisan nusantara”

-Pramoedya Ananta Toer-


Komunikasi adalah kunci utama dalam menciptakan hubungan erat antar manusia dan merupakan soft skill utama yang harus dibangun sejak dini. Dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi, seseorang harus bisa menyesuaikan diri dengan lawan bicaranya. Semakin muda lawan bicara sebaiknya semakin sederhana bahasa yang digunakan. Dalam membina komunikasi, terutama dalam menjaga hubungan anak dan orang tua serta dalam melakukan pengasuhan dan pendidikan, orang tua diharapkan mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dengan masuk ke dalam dunia anak, misalnya melalui dongeng.

Dongeng sebagai tradisi lisan

Sebelum manusia mengenal budaya menulis, tradisi oral (oral tradition) sudah jauh lebih dulu dikenal entah untuk menghibur ataupun menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan. Tradisi lisan atau budaya bertutur menjadi bagian pertama dalam pembentukan peradaban manusia hari ini. Perkembangan budaya lisan yang kuat di Indonesia bisa dilihat jelas melalui karakter seni Indonesia seperti berbagai jenis pertunjukan wayang yang tersebar di Indonesia. Selain itu kekuatan tradisi ini juga dibuktikan oleh berbagai cerita rakyat yang mampu dipertahankan dan diturunkan dari generasi ke generasi lainnya.

Saya adalah salah satu milenials yang menikmati indahnya tradisi lisan melalui dongeng di masa kecil. Kakak saya kerap menceritakan dongeng-dongeng barat dan timur yang selalu berakhir bahagia dimana kebaikan selalu menjadi pemenang. Seperti dongeng The Lion & the Mouse. Dongeng ini berpesan tentang kebaikan-kebaikan kecil yang kita lakukan akan memudahkan kita di kemudian hari seperti singa yang diselamatkan oleh tikus. Di akhir cerita mereka menjadi sepasang sahabat. Pesan damai dan persahabatan dalam dongeng ini melekat hingga sampai saat ini.

Menurut Huck, Hepler dan Hipmen (1987), dongeng adalah segala bentuk narasi baik itu tertulis atau oral yang sudah ada dari tahun ke tahun. Dengan kata lain dongeng merupakan narasi imaginatif yang terdiri dari eksposisi, rising action, klimaks, anti klimaks dan resolusi.

Dahulu dongeng disampaikan secara lisan kini lebih sering disampaikan melalui budaya membaca. Berbagai jenis dongeng muncul dan berkembang di tengah-tengah masyarakat contohnya dongeng Aesop Fable di mana karakter dalam dongeng ini adalah hewan. Contoh lainnya adalah Legenda, dongeng yang menceritakan asal usul suatu tempat. Karena dongeng mampu menarik perhatian anak-anak, dongeng menjadi media komunikasi baik dalam belajar, hiburan ataupun  dalam mendidik young learners.

Dongeng damai dan keberagaman

Keberagaman Indonesia membuatnya kaya akan dongeng. Dongeng-dongeng Indonesia tidak hanya menceritakan keadaan geografis dan asal-usul suaatu tempat tetapi juga mengandung pesan-pesan moral dan kearifan lokal (local wisdom) melalui watak dan tokoh-tokohnya. Dengan memperkenalkan dongeng sejak dini kepada anak-anak, secara tidak langsung mereka telah ditanamkan pesan-pesan damai dan keberagaman Indonesia.

Dongeng membuat anak-anak bermimpi dan membantu mereka dalam berimajinasi, menginspirasi mereka untuk menjadi pahlawan, melakukan hal-hal kecil yang tidak kita sadari berdampak besar dalam kehidupan. Dongeng membuat anak-anak tahu bahwa seorang ksatria tidak membunuh naga tapi bisa bersahabat dengan naga.

Dalam konteks dongeng Indonesia, dongeng bisa menjadi suara jernih bagi anak-anak untuk mendengarkan kisah tentang perbedaan-perbedaan yang menyatukan Indonesia menjadi sebuah negara. Dongeng menjadi asa kedepan yang mampu membentuk karakter anak-anak bangsa yang mencintai kebhinekaan.

Semoga pendongeng dengan narasi damai kian berjamuran. Pun dikalangan orangtua dan guru. Sehingga mereka bisa memilih dan membacakan dongeng sesuai dengan perkembangan dan usia anak, dengan cara menarik disertai penjelasan yang logis dan sederhana. So, banyak cara untuk menebar perdamaian. Dongeng salah satunya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Duta Damai Dunia Maya NTB | Newsphere by AF themes.