Tue. Nov 19th, 2019

Duta Damai NTB

Proudly Presented by BNPT and PMD

Tak Hanya Anak Muda, BNPT Juga Bidik Aparatur Kelurahan dan Desa

2 min read

Proses sosialiasi tentang bahaya faham radikal dan terorisme terus dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dilakukan sosialisasi  mengenai literasi informasi terhadap aparatur kelurahan dan desa.

Lombok Tengah (11/04/2019), Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Nusa Tenggara Barat melaksanakan kegiatan “Rembuk Aparatur Kelurahan dan Desa Tentang Literasi Informasi”. Acara yang berlangsung di D’Max hotel Lombok tengah ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat diantaranya, aparatur keamanan desa dan kelurahan, lurah dan kepala desa, dewan pers, dan pegiat media sosial dalam hal ini Duta Damai Dunia Maya Regional Mataram.

FKPT secara rutin melaksanakan kegiatan semacam ini karena merasa edukasi tentang pencegahan terorisme dan faham radikal harus disampaikan kepada semua lapisan masyarakat tak terkecuali aparatur pemerintah tingkat kelurahan dan desa. Hal ini tidak lain bermaksud agar pelaksanaan pencegahaan dapat bersinergi. Seperti yang disampaikan oleh wakil FKPT NTB Ani Suryani menyatakan bahwa tujuan dari pencegahan dan penangkalan faham radikal dan terorisme tidak akan tercapai jika yang bekerja hanya BNPT dan jajaran dibawahnya saja, sedangkan proses terjadinya berlangsung di masyarakat. Sehingga diperlukan adanya kerja sama antara masyarakat dengan BNPT sebagai kepalanya demi menjaga keutuhan dan keamanan Negara.

Aparatur Kelurahan dan Desa Adalah Perpanjangan Tangan BNPT

Menyadari akan pentingnya kegiatan ini, Asisten I Bupati Lombok tengah  M Yasmin yang juga hadir memberi sambutan mewakili Bupati berpesan kepada seluruh peserta yang merupakan perangkat pemerintahan desa dan kelurahan agar mengikuti kegiatan dan menyimak materi dengan baik. Hal ini bertujuan agar pemerintah desa dan kelurahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat menjadi perpanjangan tangan BNPT untuk menjaga warganya dari bahaya faham radikalisme dan terorisme.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini menyangkut perkembangan terorisme dan strategi nasional pencegahannya, peran serta aparatur kelurahan dan desa serta aparat penegak hukum dalam pencegahan terorisme yang disampaikan oleh Faisal dan Aulia yang merupakan narasumber dari BNPT pusat. Serta materi mengenai strategi komunikatif untuk mencegah penyebarluasan berita bohong, ujaran kebencian, dan informasi negatif sebagai cikal bakal paham radikal terorisme dan praktik komunikasi pencegahan terorisme yang disampaikan langsung oleh ketua dewan pers Yosep Adi Prasetyo.

Materi-materi ini disampaikan agar terdapat  kesepahaman mengenai bahayanya faham radikalisme  dan terorisme antara seluruh elemen masyarakat terutama aparatur pemerintahan kelurahan dan desa. Sehingga fungsi aparatur pemerintahan kelurahan dan desa dapat memaksimalkan fungsi kontrolnya untuk menjaga warganya agar tidak mudah terpengaruh.        
Diakhir penyampaian materi terdapat sesi diskusi yang ditanggapi dengan antusias oleh peserta dengan berbagai pertanyaan dan tanggapan seputar peristiwa yang terjadi di desanya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Duta Damai Dunia Maya NTB | Newsphere by AF themes.