Peraturan Badan Membuat Posisi D3M Kian Kuat

JAKARTA-Rapat kerja nasional (rakernas) Duta Damai Dunia Maya (D3M) berlangsung di Jakarta. Seluruh regional D3M hadir dalam kesempatan ini. Di Hotel Discovery Ancol, beberapa keputusan dihasilkan dalam rakernas.

“Diantara yang penting adalah peraturan badan untuk D3M. Jadi nanti ada keputusan tertulis dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT),” kata Pemred Pusat Media Damai (PMD) Abdul Malik didampingi oleh Wapimred Ferry Novrika, Minggu (21/4).

Dijelaskan, selama ini keberadaan D3M memang kerap disoal statusnya. Kini peraturan badan (Per-Ban) sudah masuk Sekretariat Negara.

“Tinggal menunggu saja, sebentar lagi akan keluar,” sambungnya.

Dengan adanya Per-Ban tentu saja berimbas pada aturan organisasi. Beberapa hal terkait D3M akan diatur lebih detail, termasuk mengenai syarat kepengurusan di regional.

“Syarat itu dituangkan dalam juklak dan juknis,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan regional diberi kesempatan memaparkan berbagai hal menyangkut D3M. Salah satu perwakilan D3M Febrian Putra mengatakan, sedari awal kisi-kisi aturan harus mulai disampaikan.

“Ini supaya kami di daerah bisa sosialisasi. Contoh syarat kepengurusan bagaimana, harus kami sampaikan sekarang,” katanya.

Terkait syarat kepengurusan inti di daerah yang nanti akan mendapat surat keputusan (SK), Malik menjelaskan, diantaranya berusia 16-35 tahun. Memiliki loyalitas dan integritas pada organisasi. Memiliki jiwa relawan, solidaritas, dan gotong royong. Tidak pernah dipenjara. Dan tidak berafiliasi dengan partai politik.

“Jika ada yang dilanggar, BNPT berhak memberhentikan,” katanya.

Berikut ini beberapa keputusan yanh dihasilkan dalam rakernas D3M di Jakarta. Perlunya sosialisasi Peraturan Badan ( Per-Ban ) ke stakeholder daerah. Menyederhanakan tema mingguan agar bisa tercipta sinergi antara PMD dan Duta Damai Dunia Maya BNPT. Perlunya peningkatan kapasitas Blogger, It dan DKV tingkat Nasional, yang di saring dari beberapa daerah. Melaksanakan kaderisasi Duta Damai Dunia Maya, secara terstruktur dan komprehensif, minimal dua tahun setelah pembentukan, dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing regional. Perlunya segera menyusun agenda pelaksanaan Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) dan Petunjuk Teknis ( Juknis ) tentang Relawan Duta Damai. Perlunya penyusunan ( Grand Design, roadmap dan blueprint ) Gerakan Duta Damai Dunia Maya. Perdalam definisi cakupan “ Damai “ dalam Duta Damai Dunia Maya.(*)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *