Tue. Nov 19th, 2019

Duta Damai NTB

Proudly Presented by BNPT and PMD

ASEAN Youth Ambassador for Peace 2019 Resmi dibuka

2 min read

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Brigjen Hendri Paruhaman Lubis resmi membuka Youth Cyber Ambassador for Peace 2019. Acara ini di gelar di Discovery Hotel and Convention, Ancol, Jakarta.

Mengusung tema “Spreading Peace in Cyberspace” BNPT tidak hanya melibatkan Indonesia namun turut serta mengundang Negara-negara ASEAN untuk bergabung menjadi Duta Damai Dunia Maya ASEAN. Kaula muda penggiat Dunia Maya  dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, Filipina,Brunai Darussalam, Myanmar dan Thailand hadir sebagai participant. Penyebaran doktrin-doktrin keras radikalisme dan terorisme sudah sangat massive di dunia maya dn generasi muda yang masih mencari identitas sangat rentan terpapar racun radikalisme. Sebagai Duta Damai Dunia Maya kita bertugas membuat sebanyak-banyak membuat konten positif dan kreatif, narasi-narasi damai untuk menangkal paham-paham tersebut. “ujar Hendri saat memberikan sambutan.”

Brigjen Hendri juga menekankan pentingnya untuk melakukan kolaborasi bersama antar Negara-negara ASEAN dalam memerangi paham radikalisme. Penyebaran informasi melalui ruang maya sangat cepat terjadi terutama informasi-infromasi negatif berupa hoax dan ujaran kebencian (hate speech).

Event ini di hadiri 65 orang peserta dalam negeri yang  berasal dari 13 provinsi di Indonesia dan 51 orang pemuda penggiat dunia maya se-ASEAN. Mereka akan diberikan workshop selama tiga hari oleh mentor terbaik serta dibantu beberapa fasilitator yang berasal dari Duta Damai Indonesia. Mereka kemudian akan membuat konten-konten positif di dunia maya berupa artikel, meme, infografis, video singkat dan website. Konten-konten positif yang berhasil tertuang dalam berbagai karya kemudian akan dibagikan di Negara masing-masing dengan harapan pesan damai semakin tersebar luas.

Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet aktif tertinggi, terutama kalangan millennial yang kerap di sebut internet generation. Lebih dari 100 juta orang menggunakan sosial media terutama facebook. Anak-anak muda Indonesia berasal dari 13 Provinsi Indonesia telah berpengalaman, ahli dan produktif membuat konten-konten positif dalam rangka kampanye damai di dunia maya (cyberspace).

Acara ini berlangsung 22-25 April 2019 dan acara puncak jatuh pada hari Rabu dimana sejumlah penjabat negara, duta besar negara tetangga dijadwalkan hadir sebagai tamu undangan. Komjen. Pol Drs. Suhardi Alius, Imam Nahrowi (Menpora), Rudiantara (Menkominfo), Retno Marsudi (Menlu) dan Wiranto selaku Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik dan Keamanan Dr. Wiranto  dipastikan hadir di acara pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Regional ASEAN.

“Spreading Peace in Cyberspace”

                        __Duta Damai ASEAN

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Duta Damai Dunia Maya NTB | Newsphere by AF themes.