Tue. Oct 15th, 2019

Duta Damai NTB

Proudly Presented by BNPT and PMD

Sekolah Harmoni Indonesia Menyatukan Pemuda

1 min read

Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) kembali mengadakan program Sekolah Harmoni Indonesia di Hotel Grand ROYAL, Praya, Lombok Tengah, Jumat 2 Agustus 2019. Mengusung tema Pelatihan Penggerak, Training of Trainers generasi muda mampu menjadi inspirasi dan memberikan solusi nyata kepada masyarakat untuk mengatasi persoalan bangsa.

Dihadiri 18 peserta berasal dari berbagai latar belakang di antaranya Ahmadiyah, Duta Damai NTB, PMKRI, UIN Mataram, UNRAM, HIKMAHBUDDHI, Komunitas Muda Budhis (KMB), LTN NU, Tunas Daud dan Sirajul Huda. Hadir sebagai pemateri pertama Bapak Ferdiansyah divisi kepemudaan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Materi pembuka yang diberikan kepada peserta berkaitan tentang peran pemuda yang wajib menjadi peace keeper baik di dunia maya dan nyata dengan meresapi nilai-nilai persatuan, gotong royong, cinta tanah air dan kebijaksanaan.  Nilai-nilai ini kemudian terpatri dalam revolusi mental yang merupakan program utama pemerintah saat ini.

Pemateri kedua diberikan oleh Bapak Arif Sutanto dari PSIK. Dalam paparannya Arief menjelaskan bahwa menjadi Indonesia dengan segenap perbedaan tidak perlu diperdebatkan karena kita manusia memiliki multi identitas dan itu adalah fitrah yang sama sekali tidak bisa kita hindari namun harus dimengerti.

Selama tiga hari ke depan para peserta akan banyak berdiskusi dan membuat konten-konten kreatif bertemakan isu keberagaman, toleransi di NTB dan dikaitkan dengan kebutuhan pasca bencana. Acara ini berlangsung dari tanggal 2- 4 Agustus 2019. Diharapkan ke 18 pemuda-pemudi ini akan menjadi garda terdepan dalam memeluk perbedaan dan menerbarkan pesan-pesan damai di NTB.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Duta Damai Dunia Maya NTB | Supported by PMD & BNPT.