Kita semua sepakat kalau bulan agustus adalah bulan kemerdekaan. Karna 75 tahun yang silam para pahlawan bangsa ini berjuang untuk merebut kemerdekaan di tangan penjajah. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan menjadi salah satu momen kemerdekaan Indonesia yang sangat penting. Iya karena Tanggal 17 Agustus 1945 menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Bangsa yang memiliki keberagaman suku, agama , budaya dan bahasa dari sabang sampai marauke bersatu padu dalam ikatan bhineka tunggal ika.

Ilustrasi oleh Ulwan S.Z

Tetapi sebelum peristiwa penting ini terjadi, para pahlawan bangsa dan rakyat Indonesia telah melalui proses panjang. Banyak sekali tragedi dan perjuangan yang terjadi dibulan agustus dimulai dari dijatuhkannya bom atom di kota Hiroshima, sehari kemudian bergantinya nama BPUPKI menjadi PPKI untuk mempertegas keinginan dan tujuan untuk meraih kemerdekaan, dua hari setelah itu bom atom untuk kedua kalinya di jatuhkan di kota Nagasaki dan berhasil memukul jepang dari Indonesia dan tanggal 14 agustus jepang secara jepang secara resmi menyerah kepada sekutu dan dimanfaatkan oleh para tokoh pejuang Indonesia untuk segera memproklamasikan kemerdekaannya. Bukan hanya sampai disitu ditanggal 16 agustus dini hari para tokoh perjuangan membawa Soekarno bersama M.Hatta ke Rengasdengklok tujuanya untuk menghindari segala macam bentuk bujukan Jepang yang dapat mempengaruhi keyakinan Soekarno-Hatta dan menggagalkan terlaksananya proklamasi kemerdekaan. itulah mengapa sampai saat ini kita mengenal tragedi ini dengan “Peristiwa Rengas Dengklok”. Di malam harinya Perundingan mengenai naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh tokoh-tokoh gongan tua dan muda yang dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda. Dan pada tanggal 17 agustus pukul 10.00 WIB pembacaan teks proklamasi di selenggarakan. Sehari setelah peristiwa pembacaan teks proklamasi jolak tekanan yang menghendaki pengambilalihan kekuasaan oleh Indonesia makin memuncak dilancarkan para pemuda dari beberapa golongan. Sehingga tanggal 18 agustus PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) mengambil keputusan untuk mengesahkan dan menetapkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dengan demikian Indonesia secara resmi telah menjadi Negara yang merdeka dan kedaulatan di tangan rakyat.
Dari peristiwa perjalanan panjang meraih kemerdekaan, kita semua tentu sangat tahu bagaimana kerasnya perjuangan yang harus ditempuh para pejuang di masa itu. Rentetan peristiwa dan tragedi masa-masa sebelum kemerdekaan yang terjadi dibulan agustus dapat dijadikan satu potret betapa gigihnya para tokoh dan rakyat Indonesia saat itu dalam merebut dan meraih kemerdekaan sehingga kita dapat merasakannya sampai saat ini. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bisa meneladani semangat perjuangan para pendahulu kita. Kita harus memiliki rasa cinta tanah air dan patriotisme. Untuk meneruskan cita-cita para pejuang dan menghormati jasa mereka.
Saat ini kita sedang berada di tengah situasi pandemic covid-19, dimana segala aktivitas menjadi terhambat. Karena pandemi ini telah mengubah segala lini kehidupan. Dinamika pandemi covid 19 telah sampai pada tahap penerimaan masyarakat dengan kondisi yang ada karena proses adaptasi terhadap perubahan. Tetapi Di tengah adanya pandemic covid 19 ini ada saja orang yang memanfaatkan situasi kondisi yang ada. Seperti menebar “hoaxs” sehingga memperkeruh keadaan dimana membuat masyarakat semakin panik dan terpecah belah dengan beredarnya “hoaxs” tersebut. Seharusnya dalam kondisi seperti saat ini kita saling merangkul, menguatkan satu sama lain, optimis bahwa kita bisa terbebas dari pandemic covid 19 ini
Momen kemerdekaan kali ini hadir dengan makna baru, kita bukan lagi harus melawan penjajah seperti 75 tahun silam melainkan kita harus lawan pandemic yang masih belum tahu kapan berakhirnya. Merdeka sekarang adalah lepas dari kepanikan akibat hoaxs dan mari kita Bersatu melawan egoisme dengan tetap mematuhi anjuran protocol Kesehatan dalam segala aktivitas di era baru ini.
Jangan kita mudah terprovokasi dengan berita yang belum tentu kebenarannya, mari kita saring dulu sebelum di sharing. Dengan begitu kita optimis bahwa Indonesia akan damai kedepannya.