Euforia para milenial untuk mendaftarkan diri sebagai The next Duta Damai NTB begitu terasa saat mengikuti webinar yang diadakan oleh panitia Duta Damai NTB yang membahas mengenai “Mengenal Duta Damai Dari Pusat (PMD)” yang disampaikan langsung oleh Abdul Malik selaku Redaktur Pelaksana Pusat Media Damai Bidang Pencegahan BNPT RI yang dipandu oleh Yundari Amelia Chandra selaku Koordinator DD NTB, kegiatan ini diakses melalui aplikasi Zoom, Sabtu (17/10).

Sekitar kurang lebih 75 pendaftar DD NTB 2020 mengikuti webinar dari tiga bidang keahlian yakni bidang Kepenulisan (Blogger) , bidang Teknologi Informasi (IT) dan bidang Desain Komunikasi Visual (DKV). Duta Damai NTB sudah melaksanakan Live IG untuk mensosialisasikan ketiga bidang tersebut, Koordinator bidang Blogger yakni Baiq Ros Diana Susanti, Koordinator IT yakni Brian Abby dan Koordinator DKV yakni Ulwan Sulhi Zayyan.

Abdul Malik yang akrab disapa bang Malik, mengapresiasi peserta duta Damai NTB 2020 yang sangat semangat dalam mengikuti webinar. “Kegiatan Recuitment Duta Damai  NTB 2020 semoga berjalan lancar dan pak Gubernur NTB bisa hadir dalam acara besok. Diharapkan DD NTB 2020 dapat mampu menjalankan tugas seperti generasi sebelumnya” tuturnya.

Selain itu Bang Malik juga menjelaskan mengenai radikalisme terorisme yang terus merambah ke dunia maya tepatnya di sosial media. Hal ini menjadi perhatian bersama bawa data pengguna media sosial, Berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis Januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi.

“Radikalisme terorisme telah merambah ke dunia maya dengan memanfaatkan jejaring sosial dan media – media pemberitaan (wesite),  dan tentu saja sasarannya adalah kaum muda dan penggiat dunia maya” jelasnya.

Harus diperhatikan juga pola radikalisasi baru di dunia maya, seperti radikalisasi di lingkungan remaja, radikalisasi di kalangan terdidik, radikalisasi di ruang terbuka (open source) dan radikalisasi tumbuh dari diri sendiri (self radicalization)

Salah satu peserta anggota Duta Damai NTB 2020 Henny Yolanda mengaku bahwa kegiatan webinar tersebut menjawab berbagai pertanyaannya. “Kesannya seru bisa ikut webinar ini, banyak tanda tanya yang terjawab di webinar tadi, jadi semakin yakin buat gabung sama duta damai” tutur Henny lulusan S2 Keperawatan.

Dara manis ini juga sangat bersyukur bisa mendaftar engan Duta Damai yang dikenalnya secara tidak langsung melalui kegiatan Temu Indonesia Seri Nusa Tenggara. “Awalnya tidak sengaja mengenal Duta Damai karena waktu itu ikut acara Zoom Sabang Merauke dan kebetulan waktu itu salah satu narsumnya tim DD, terus kepoin deh akunnya DD, dan ternyata menarik kegiatannya, jadi pingin ikutan berperan di kegiatannya” tuturnya. ([email protected])