Jawab Tantangan Transformasi Digital, BNPT Rilis TV Channel untuk Kesiapsiagaan Nasional

Bali— Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meresmikan kanal TV pada acara yang bertajuk “Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional dan Grand Launching BNPT TV Channel” pada Sabtu (12/12/20) di Pecatu Hall, Bali.

Perkembangan teknologi di era transformasi digital ini dihadapi BNPT dengan menyatakan kesiapannya untuk menjadi garda terdepan dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian melalui peluncuran BNPT TV CHANNEL. Kegiatan launching tersebut diikuti secara daring dan luring oleh para para peserta, yang juga menghadirkan seluruh Duta Damai dan FKPT Indonesia yang turut berpatisipasi secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada acara yang bertema “Bersatu dalam Keberagaman #IndonesiaSatu”.

Acara dibuka dengan menampilkan visualisasi kerajaan Sriwijaya, kemudian dilanjutkan dengan rangkaian seni tari yg diawali dengan Tari Swarnadipa dan Tarian Pejuang Suku Dayak, dan tarian lainnya. Lalu ditampilkan sosok Maha Patih Gajah Mada sebagai penampil utama yang kemudian ditutup dengan tarian pemersatu bangsa, Tarian Semarak Bhinneka Tunggal Ika.

Acara ini dipandu oleh artis ternama Indonesia, yaitu Denny Cagur dan penyanyi, Kiki Juliar. Penyesuaian acara di era pandemi dengan memerhatikan protokol kesehatan tetap dilakukan. Dimulai dari menjaga jarak antar tempat duduk hadirin, pemakaian alat pelindung wajah dan penggunaan hand sanitizer.

Sebelum memasuki acara inti, penyanyi Nowela menghibur penonton dengan lagu Zamrud Khatulistiwa. Kemudian diikuti dengan pembacaan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional oleh tokoh-tokoh perwakilan, yaitu budayawan, seniman, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di atas panggung. Tetapi pemandu utamanya adalah seorang seniman yang dalam hal ini diwakili oleh artis Happy Salma. Setelah pembacaan deklarasi yang diikuti oleh seluruh hadirin selesai, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti kesiapsiagaan nasional yang terinspirasi dari Prasasti Kedukan Bukit oleh Kepala BNPT RI, Boy Rafli Amar, dan diikuti oleh ke empat tokoh perwakilan tadi.

Pada sambutannya sebelum meresmikan kanal TV, Kepala BNPT mengatakan “Kita harus memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat saluran komunikasi publik yang akan kita launching, terkait dengan kontra radikalisasi sesuai dengan amanah Undang-undang BNPT”,tegasnya. Membangun kesiapsiagaan nasional adalah kesadaran kolektif sebagai upaya kontra dari paham-paham yang membahayakan bangsa Indonesia. Oleh karena itu BNPT mempersembahkan BNPT TV Channel untuk masyarakat Indonesia, yang akhirnya resmi mengudara.

Acara ini juga ditayangkan langsung oleh beberapa stasiun tv hingga portal berita nasional seperti TVRI Nasional, detikcom, dan Youtube Humas BNPT. BNPT TV Channel memuat pesan-pesan toleransi, cinta tanah air, dan narasi-narasi untuk melawan paham radikalisme di Indonesia. Acara peresmian tersebut kemudian ditutup dengan penampilan Happy Salma dengan monolognya tentang Keberagaman Indonesia, serta lagu Gemu Fa Mi Re oleh Nowela dan parade kostum ikonik dari Kita Poleng Bali.(mel)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *