Tentang Kami

Duta Damai Dunia Maya sendiri diselenggrakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme melalui Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan Dan Deradikalisasi BNPT yang kemudian membentuk Pusat Media Damai untuk menangkal radikal terorisme yang menggunakan dunia maya sebagai arena baru dalam menyebarkan propaganda, rekrutmen, pelatihan, pembangunan jaringan dan komunikasi.

NTB menjadi provinsi kesepuluh dilaksanakannya kegiatan ini setelah dibeberapa kota. Sebelumnya, duta damai dunia maya telah digelar di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, DI Yogyakarta (2016), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan (2017). Semangat dan antusiasme teman-teman dumai daerah lain terlihat jelas saat Panitia acara memperlihatakan video-video selama kegiatan pelatihan berlangsung.
 Salut! “Two Thumbs up!”
Sebelum dilantik menjadi Duta Damai kita diberikan pelatihan intensif selama tiga malam empat hari. Kami dilatih untuk membuat konten-konten damai berupa tulisan, foto, video, gambar dan website yang akan bersinergi dengan Pusat Media Damai (PMD) menyebarkan perdamaian sekaligus memerangi propaganda radikalisme dan terorisme di dunia maya. 
Selama kegiatan pelatihan kami melaksanakan berbagai ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia. Mulai dari tahap awal, wawancara, pengumuman dan Jadwal kegiatan selama pelatihan. Selama pelatihan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan disinilah saya bertemu dengan 59 anak-anak muda Mataram yang berasal dari berbagai latar belakang. Desain Komunikasi Visual, IT dan Blogger menjadi tiga kategori yang ditetapkan oleh BNPT yang kesemuanya di bagi menjadi lima team yang akan membuat website yang diisi dengan konten-konten bermuatan damai dan positif guna menagkal paham-paham radikal tersebut.

Semangat teman-teman sangat terasa saat pelatihan. Dari awal pembukaan acara sampai begadang mengerjakan tulisan, medesain wesbsite, menyerap materi dari beberapa mentor memberikan warna-warni tersendiri. Melihat wajah-wajah lelah, pucat dan mondar-madir mencari inspirasi membuat saya tersenyum ringan. Bersyukur kepada Tuhan semua berjalan lancar tanpa hambatan. Mereka semua berhasil mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Di sela-sela kita mengerjakan tugas yang diberikan panitia acara menghadirkan Kikan Amara yang menjadi ambassador damai BNPT, suara yang indah mampu mengusir lelah setelah beraktifitas seharian.
Website dan Sosial Media yang akan diisi dengan konten-konten bermuatan positif bernuansa perdamaian yang diharapkan mampu menangkal radikalisme, terorisme, propaganda dan aksi-aksi di dunia maya lainnya yang mengancam perdamaian NKRI.