Pelaksaan Ibadah Misa Malam Natal di Kota Mataram Berlangsung Lancar

Mataram – Pelaksanaan Ibadah misa malam Natal di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang digelar secara tatap muka dari sore hingga Sabtu malam (24/12) berjalan khitmat. Intensitas hujan yang cukup tinggi dan angin kencang tak menghalangi niat para jemaat untuk beribadah.

Pantauan dari tim Duta Damai NTB di beberapa gereja di Kota Mataram, tepatnya di Gereja Katolik St. Maria Immaculata, yang berdekatan dengan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 16/06 Mataram dijaga ketat oleh aparat TNI/Polri, dibantu beberapa organisasi masyarakat dan kepemudaan lintas agama.

Antusiasme jemaat yang merayakan misa ibadah malam natal nampak pada membludaknya tempat parkir, bahkan mengharuskan badan jalan Pejanggik depan Pendopo Kantor Gubernur NTB menjadi area parkir juga. Akibatnya demi kelancaran Ibadah Misa Malam Natal dan menghindari hal-hal tidak diinginkan pada Ring 1 Penjagaan Gereja, pukul 19.00 WITA, jalanan sekitar gereja menuju Mataram Mall dialihkan melalui Jalan H.O.S Tjokroaminoto menuju Jalan Pariwisata, dan tembus ke Jalan Harimau.

Sementara itu, Pantauan di Gereja Katolik Panen Abadi St. Antonius Padua Ampenan, pengamanan juga terlihat ketat baik didalam Gedung Gereja, di Halaman Gereja, dan di Pintu Masuk Gereja. Terlihat umat dari keyakinan lain seperti anggota Gerakan Pemuda Ansor dan Para Pecalang turut hadir membantu kelancaran proses peribadatan.

Hal yang sama juga terpantau di Gereja Protestas di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, baik yang berada di Jalan Bung Karno maupun di Jalan W.R. Supratman.

Berdasarkan Informasi yang terhimpun, sebanyak 92 personel gabungan dari Kepolisoan Resort Kota (Polresta) Mataram dan Kepolisian Daerah NTB diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan natal baik saat Misal Malam Natal pada Sabtu Malam hingga Puncak Ibadah Natal pada hari Minggu. Kemudian akan disebar pada 19 titik bergabung dengan aparat dari TNI dan Unsur Masyatakat Sipil yang berasal dari Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan lintas keyakinan. Sebelumnya Polresta Mataram juga telah meningkatkan pengamanan dengan melakukan Sterilisasi.

“Sebanyak 92 personel gabungan Polsek dan Polresta Mataram yang kami terjunkan dipimpin Perwira Pengendali dan diback up oleh Sat Brimob Polda NTB masing-masing dan Kapolsek jajaran dalam menjaga keamanan pelaksanaan ibadah menjelang Natal , ” kata Kepala Bagian Operasi Polresta Mataram Kompol I Gede Sumandra Kerthiawan, SH, MH. Seperti yang kami kutip dari Antaranews NTB. (Nan)

Comments (0)
Add Comment