Prediksi Cuaca Ekstrem, Ini Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Saat Tahun Baru

Awal Tahun Baru menjadi salah satu momentum yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Hal tersebut berkaitan dengan liburan yang menyenangkan dan harapan agar tahun berikutnya bisa lebih baik dari sekarang. Saat ini tahun baru selalu dirayakan pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari. Apalagi di tahun ini bertepatan dengan malam Minggu. Padahal jika kita mundur jauh ke 2.000 tahun Sebelum Masehi (SM), malam tahun baru tidak dirayakan pada tanggal tersebut, lho.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, awalnya festival Tahun Baru berlangsung di Mesopotamia. Kekaisaran Babilonia merayakan Tahun Baru ketika ekuinoks (saat matahari melintasi ekuator sehingga siang dan malam bagi tempat-tempat lintang 0° sama panjang) musim semi atau sekitar pertengahan bulan Maret. Sedangkan bagi orang-orang Mesir, Persia dan Bangsa Fenisia Tahun Baru dirayakan saat ekuinoks musim gugur yang jatuh pada tanggal 21 September.

Diikuti oleh dinamika dari bangsa-bangsa di berbagai belahan dunia kemudian Raja Inggris William I atau William Sang Penakluk memutuskan Tahun Baru dimulai pada 1 Januari. Tahun ke tahun secara bertahap banyak Negara yang merayakan Tahun Baru pada tanggal tersebut dan berlangsung hingga saat ini, termasuk Indonesia.

Pada momen Tahun Baru biasanya terjadi peak season (puncak musiman kedatangan wisatawan) karena bersamaan dengan cuti yang berlangsung hingga awal tahun baru. Kondisi tersebut berlaku untuk akomodasi termasuk bisnis perhotelan.

Orang-orang yang memiliki budget lebih biasanya akan berlibur di hotel saat perayaan Tahun Baru untuk menemukan suasana baru dan melepas penat selama bekerja. Hotel-hotel biasanya menyediakan acara penyambutan tahun baru, door prize dan hadiah, makanan yang istimewa dan panggung musik yang menarik untuk melengkapi euforia Tahun Baru.

Membaca hal-hal menyenangkan tersebut, jangan abaikan peringatan yang dikabarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang prakiraan cuaca ekstrem yang akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan pada judul berita informasi dari BMKG, kita sudah diperingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi kondisi tersebut.

Cuaca ekstrem yang terjadi diperkirakan seperti hujan lebat hingga sangat lebat, tingginya kecepatan angin, dan meningkatnya ketinggian gelombang. Kondisi tersebut mirip dengan yang terjadi pada periode yang sama dua tahun lalu.

Alangkah lebih baiknya jika kita lebih bisa mindful dengan kondisi yang terjadi sekarang alias cari aman. Walaupun Tahun Baru di rumah aja, tetapi ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan bersama orang-orang tersayang. Simak satu persatu yuk!

Grill dan barbeque

Beberapa tahun ini grill dan barbeque menggurita di Indonesia. Kemungkinan terbesarnya adalah pengaruh dari drama Korea yang kerap menampilkan makanan tersebut. Terutama daging iris bakar yang digulung dengan daun selada dengan cocolan saus yang menggoda dan dimakan saat masih panas. Kamu bisa family time di malam Tahun Baru dengan berbagai opsi makanan grill seperti, sliced beef, ayam, jagung manis, sosis, selada, fish dumpling, chikuwa, jamur enoki, aneka seafood, telur, aneka frozen food, dan lainnya.

Kamu bisa menemukan resep bumbu olesan dan marinasi bahan-bahan tersebut di internet atau aplikasi Tik-Tok. Tetapi kalau kamu butuh cepat dan ingin menghemat tenaga, kamu bisa membeli bahan-bahannya di pedagang musiman yang menjamur di mana-mana. Biasanya mereka juga menyediakan grill pan dan kompor portable untuk disewa.

Grill dan barbeque cukup menjadi penyelamat dari cuaca buruk karena bisa dilakukan di dalam rumah. Ada opsi lain untuk kamu yang kurang suka grill dan barbeque, yaitu bakar ayam atau ikan dengan metode konvensional menggunakan  arang  dan racikan sambal favoritmu.

Camping di halaman

Biasanya camping dilakukan di pantai atau bukit, tetapi karena mempertimbangkan cuaca tadi jadi kita harus bisa memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita. Kalau kamu memiliki halaman rumah yang relatif mendukung dan peralatan camping, have some fun. Di sela-sela camping kamu bisa isi dengan book dating atau bermain truth or dare lalu ditemani secangkir cokelat panas dan French toast yang manis. Malam Tahun Barumu pasti sangat berkesan dan membuat badan yang lelah dengan hingar bingar pekerjaan menjadi rileks.

Bermain games

Setelah mengisi perut dan bercengkrama saat makan malam di Tahun Baru. Kamu bisa mengajak anggota keluarga atau teman-temanmu bermain games sambil meminum teh hangat atau minuman lainnya. Kamu bisa memainkan permainan yang perlu instrumen seperti uno, kartu, domino, karambol, catur, ular tangga, play station, Nintendo dan lainnya. Tetapi jika kamu tidak punya satu pun, kamu bisa bermain tebak kata, pesan berantai, werewolf, atau tebak lirik lagu sembari nostalgia dengan lagu-lagu favoritmu. Jangan lupa beri hukuman yang seru untuk yang kalah saat bermain.

Pajamas party

Sudah ada rencana bersama bestie mu untuk menginap? Bagus sekali, kamu bisa masukkan pajamas party ke dalam rencanamu. Jangan lupa untuk memilih pajamas yang lucu dan mendekorasi tempat tidur kalian agar lebih berkesan. Mengabadikan momennya melalui foto-foto yang ciamik is a must.

Siapkan juga makanan dan minuman, sebaiknya ajaklah temanmu untuk membawa masing-masing makanan yang berbeda. Kamu bisa curhat dan bercerita sepanjang malam. Jangan lupa siapkan tisu untuk mengantisipasi  cerita-cerita yang emosional. Selain itu kamu juga bisa melakukan beauty care seperti manicure, pedicure, lash lifting, scrubbing, maskeran,kutekan, dan lainnya. Seru kan? Yuk masukin bucket list bareng girl gang kamu.  

Movie night

Movie night can do no wrong karena kegiatan yang satu ini bisa di kondisi apa saja. Apalagi dilengkapi dengan proyektor agar kesan menonton bersama lebih terasa. Kamu bisa memilih film sesuai dengan mood kamu ya. Tetapi sebaiknya pilihlah film dengan genre yang disepakati bersama teman-temanmu agar semuanya bisa menikmati tontonan. Siapkan pop corn, keripik, atau cemilan ringan lainnya untuk menemani kamu menikmati plotwist di film yang kamu tonton. Tentukan tempat ternyaman di rumahmu dan mainkan filmnya.

Me time

Kadang di akhir tahun kamu hanya ingin menikmati malam tanpa siapa-siapa. Just do it! Jangan lupa sambil dengarkan playlist lagu atau podcast kecintaan kamu. Kalau kamu akhirnya ketiduran dan bangun pagi dengan perut keroncongan. It’s totally okay. Satu malam berhasil kamu lewati lagi.

Itu dia enam opsi yang bisa kamu pertimbangkan untuk Malam Tahun Baru. Kira-kira kegiatan apa saja yang akan kamu pilih? Kamu juga bisa memilih semuanya kalau mau. Ini berlaku untuk yang dapat jatah liburan ya. Kalau kamu piket atau kerja pas malam Tahun Baru, maaf ya ini bukan untuk kamu. Mungkin kamu bisa coba tahun depan. Anyway, selamat tahun baru 2023, semoga semua umat manusia berbahagia.

Tulisan : Yundari Amelia

Ilustrasi : Zulhan Hadi

Comments (0)
Add Comment